Sunday 15 March 2015

Mengoptimalkan Fungsi Profile Bbm Untuk Marketing

Mengoptimalkan Fungsi Profile Bbm Untuk Marketing

Ketika Bbm sudah dipakai untuk marketing dan jualan, maka semua fitur yang ada di Bbm harus dioptimalkan. Berbeda jika Bbm digunakan hanya untuk personal saja.

Konsep Bbm untuk marketing adalah seperti ini, gunakan semua fitur untuk membuat calon pembeli yang di kontak Bbm bisa dengan mudah tahu kalau Anda sedang jualan sesuatu, dan memudahkan mereka untuk menghubungi Anda, tahu info produknya, tahu ada diskon, tanpa harus mengganggu/spamming ke mereka.

Ada banyak fitur di profile bbm yang bisa dioptimalkan untuk marketing dan jualan. Baca selengkapnya di bawah ini, sampai habis ya ... (*macam anti biotik aja harus sampai habis ... Huehehehe)


Beberapa Fitur Profile Bbm Yang Bisa Dioptimalkan

Tampilan Profile Bbm di Android
(Klik gambar untuk zoom in)

Tampilan Profile Bbm di Blackberry
Tampilan Profile Bbm di Blackberry

 

Display Picture (DP)

Untuk tampilan gambar pada DP, Anda bisa melakukan beberapa hal agar lebih optimal, seperti :

Square. Gunakan gambar dengan ukuran square/kotak, panjang dan lebar sama besar. Biasanya saya menggunakan ukuran 230x230 pixel dengan ukuran file tak lebih dari 32KB. Hal ini agar gambar dengan mudah terpasang di DP tanpa mensetting lagi.

Produk atau Event. Gunakan DP untuk memajang produk yang mau dijual, promo, atau info acara yang akan diadakan. Usahakan tampilan gambar bisa menarik perhatian user Bbm ketika mereka melihat di 'Feed Contact' pada bbm android dan 'Recent updates' di Bbm BlackBerry.

Karena ketika perhatian user Bbm sudah terfokus ke gambar maka kemungkinan besar dia akan melihat seluruh tampilan profile kita, yang mana sudah kita optimalkan di semua fiturnya.

Kualitas Foto. Untuk mendapatkan kualitas foto produk yang bagus untuk dipasang di DP walau hanya menggunakan kamera HP, silakan Anda membaca tips membuat foto produk yang menarik untuk toko online di link ini.

Terus, seperti apakah gambar yang bisa menarik perhatian?

Jawabannya sangat mudah, Anda praktekkan sendiri pada psikologi masing-masing, sering-sering buka 'Feed Contact' atau 'recent updates', lalu perhatikan ketika temans mulai penasaran meng-klik updates gambar DP yang muncul di situ. Simpulkan mengapa Anda mau membuka gambar tersebut, kemudian praktekan di DP sendiri.

Tapi sebenarnya, ketika Anda sudah mulai disukai dan dipercayai orang lain, maka biasanya apa saja yang Anda update, seperti DP, maka akan selalu mendapatkan perhatian dari orang lain.

Seperti ketika Anda mengidolakan seseorang, seperti mastah IM yg di fesbok, ketika idola Anda meng-updates sesuatu, maka Anda akan penasaran tentang update terbaru dari idola tersebut.

Ya ngga ... Ngaku aja ... 

Apalagi yg diupdate skrinsut earning yg jutaan dolar.

Garis Tepi. Tips lain dari beberapa pebisnis online, adalah gunakan garis tepi yang berwarna mencolok seperti warna primer merah, kuning, biru.

Hal ini dilakukan untuk memaksa / menarik perhatian orang agar mau melihat ke DP bbm kita. Anda bisa membuatnya dengan beberapa aplikasi edit foto di android, seperti Photogrid atau Fotorus.

Format *gif. Gunakan gambar dengan format .gif untuk menyampaikan pesan lebih banyak dan gambarnya bergerak. Dan biasanya orang lebih berlama-lama membuka gambar DP dengan format .gif untuk menunggu 'pesan bergerak berikutnya apa'.

Contoh format gambar *.gif

Watermark. Tambahkan wartermark untuk foto produk agar foto produk pribadi tidak diambil orang. Tapi kalau Anda juga mengambil foto dari orang lain juga, ya baiknya tidak usah diberi watermark. Toh itu juga bukan foto asli hasil jebretan Anda.

Watermark bisa berupa contact person, alamat website toko online, nama akun Fanspage, akun twitter atau akun instagram, sehingga ketika orang ingin menanyakan stok, bisa langsung ditanyakan lewat CP yg ada di watermark.

Viral. Pernahkah Anda melihat DP seorang teman yang ada watermark nama akun sosial media, dengan huruf kecil, biasanya ada digambar bagian bawah.

Ya, itu salah satu cara bagaimana kita membuat DP kita bisa dipakai orang dan akhirnya jadi menyebar kemana-mana (viral).

Salah satu contoh foto viral yang bisa mengena hati pembaca (emak-emak).

Caranya dengan membuat DP yang bisa mengena psikologis target pasar kita. Misal kita jual kaos anak muslim, target pasarnya ibu-ibu yang punya bayi.

Nah research deh kalimat apa/gambar apa yang bisa mewakili kegelisahan psikologis target pasar kita, seperti gambar di bawah ini.

Jangan lupa untuk update status di sosial media dengan gambar itu juga. Biasanya ketika suara mereka merasa terwakili dengan gambar tersebut, maka ada saja ibu-ibu yang meminta ijin untuk save fotonya, katanya buat DP bbm.

Display Name (DN)

Yang harus diingat untuk penulisan display name (DN) adalah tidak menggunakan karakter abjad yang aneh-aneh, karena nantinya contact Anda akan susah dicari ketika ada pembeli membutuhkan produk Anda.

Padahal kan kalau semakin mudah dicari maka semakin mudah juga kemungkinan terjadinya transaksi jual beli.

Iya apa iya? ...

Tampilan Display Name dengan nama yang susah dicari

Jika bbm digunakan untuk bbm personal dan untuk bbm marketing, maka usahakan bagi waktu untuk penggunaan. Misal hari kerja jam 8 sampai jam 17 digunakan untuk bbm marketing, malemnya untuk bbm personal, hari libur full untuk bbm personal, sehingga tampilan DN harus disesuaikan.

Jika untuk bbm marketing, ubahlah dengan nama brand/produk yang dijual, tambahkan akun twitter bila perlu, serta nomer HP agar mudah dihubungi ketika bbm error.

Jika waktunya bbm untuk personal maka ubahlah dengan nama sendiri dan jangan lupa pakai display pictures pribadi, bukan produk yang di jual.

Namun saya sarankan, pisahkan antara pin untuk personal dengan pin untuk jualan produk Anda. Kan sekarang untuk 1 hape android bisa diinstal hingga 5 pin. Jadi sudah saatnya Anda lebih profesional dalam menggunakan bbm untuk marketing. Dipisah ya . . .

Pakai tanda seru di awal display name (DN).


Tambahkan tanda "!" diawal DN lalu diikuti spasi. Fungsinya agar ketika Anda menambahkan tanda seru dan spasi maka pin Anda akan muncul di paling atas contact list teman Anda. Lihat contohnya di gambar profile Bbm di tampilan Android diatas. Saya juga pernah menuliskan tentang ini disini.

 

Personal Message (PM)

Kebiasaan orang menggunakan personal message adalah menceritakan apa yang dirasakan, alias curcol, dan biasanya curhat galau.

Aku marah, kenapa kamu ga ngertiin aku sich ... Huhu

Habis makan siang di bakso pak joko ... Enak beud!

Ampun dah, kalibata - pancoran 1 jam, macet paraaaah!

Namun jika bbm digunakan untuk marketing maka sebaiknya isilah personal message dengan kalimat yang mendukung marketing produk dan pencitraan yang baik.

Personal message bbm untuk marketing bisa dengan menuliskan seperti beberapa contoh di bawah ini
Alamat URL website.
Katalog kaos anak muslim >> http://bit.ly/KatalogAfrakids2015W

Tambahkan tulisan 'http://' sebelum nama web, biar saat diklik langsung ngelink ke website. Jika alamat website/url kepanjangan, Anda bisa memendekkan link url-nya.

Kalimat perintah untuk melakukan sesuatu/tindakan (call to action) yang mendukung gambar di DP dan info di DN.
Mau tahu cara dapat harga promo? PING ME!

Daftar sekarang juga dengan bbm sesuai format kesini!

Manfaat yang didapat jika pakai produk yang akan dijual.

Konsumsi 1 tablet, tambah tinggi 3cm dalam 1 minggu.

Kamu tinggal duduk manis, orderan melimpah

Info produk baru
Grab it fast, new design jilbab ninja only 25 pcs (limited stock)

Tagline produk
#Afrakids care and share

Peringatan
Daftar dengan harga promo sekarang juga, tinggal 5 seat tersisa.

Dan masih banyak contoh lainnya. Yang perlu diperhatikan disini adalah maksimum karakter PM baiknya 64 karakter saja, kalau bisa buat lebih pendek tetapi semua informasi tersampaikan.

Optimalkanlah! :)

 

Status (S)

Di kolom Status, Anda bisa mengetik 150 karakter. Banyak juga kan? (untuk bbm blackberry) . Tapi buat apa mengetik terlalu banyak kalau tak bisa terbaca lengkap saat disorot.

Buat apa ketik terlalu banyak karakter, sebagian orang malas membaca kalimat yang panjang, tak tepat sasaran, dan hilang dalam beberapa detik dalam recent updates.

1-2 KATA. Status, cukup ketik 1-2 KATA saja yang bisa memancing untuk membuka profile, yang sesuai dengan marketing yang akan dijalankan, yang bisa membuat orang penasaran.

Kata-kata itu adalah :
JUAL, BELI, SEWA, BEKAS, MURAH, PANGGILAN, JASA, GRATIS, DISKON, BONUS, HARGA, CARI

Atau bisa pakai KATA KERJA :
HADIRI, LAKUKAN, AYO, BAYAR, MAU, BACA, dll.

Atau bisa pakai KATA KETERANGAN WAKTU :

SEKARANG, HARI INI, SEGERA, NOW, dll

silakan berkreasi sendiri sesuaikan dengan marketing yang mau Anda jalankan.

 

Kesimpulan

Ketika tujuan penggunaan Bbm untuk jualan atau marketing, maka sebaiknya optimalkan semua fitur Bbm untuk mendukung tujuan tersebut.

Format Tampilan DP, DN, PM, dan Status yang sudah dioptimalkan.

Pengoptimalan yang dilakukan harus memiliki konsep memudahkan calon pembeli menghubungi Anda, mengetahui produk yang dijual, mengetahui info produk, mengetahui diskon yang sedang berlangsung atau aktifitas Anda dalam menjual produk.

Walaupun dalam kenyataannya, kadang masih ada saja pembeli yang menanyakan hal yang sama berulang-ulang, walaupun sudah dijelaskan di profil Bbm Anda.

Ya itulah keunikan bisnis online, yang penting layani mereka sebaik-baiknya. :)

Terima kasih sudah ikutan baca, jangan lupa subscribe dan share ya bro ...

No comments:

Post a Comment