Tuesday 17 March 2015

Beberapa Fitur Bbm Yang Bisa Dioptimalkan Untuk Bisnis Online

Di artikel sebelumnya, saya sudah membahas bagaimana cara mengoptimalkan fungsi profil Bbm untuk marketing dan bisnis online.

Kali ini saya akan membahas beberapa fitur Bbm yang bisa dioptimalkan untuk bisnis online.

Ok, langsung saja, inilah fitur Bbm yang bisa Anda optimalkan agar lebih mudah dalam melayani calon customer bisnis online.


Autotext

Apa sih autotext itu? Apa manfaatnya untuk bbm marketing? Mari kita bahas ...

Menurut hemat saya, autotext itu adalah cara mengetik cepat untuk kalimat/paragraf/emoticon yg panjang hanya dengan mengetik beberapa karakter kunci.

Dengan mengetik minimal 1 karakter lalu diikuti spasi maka akan keluar karakter pengganti, bisa berupa teks paragraf atau karakter aneh-aneh, dimana sudah disetting terlebih dulu.

Tampilan AutoText di Blackberry

Banyak orang terutama remaja menggunakan autotext dengan karakter yang aneh-aneh hanya untuk kelihatan alay, seperti contoh dibawah ini :

ĦăªĦăĦăĦăª.

┗(`ー´)┓┏(`ー´)┛

« ßë ®ight ß@©K »

                                ______     __
    ,______/"|___(<=-P,//__\\__, //
  \;!__(@)__!__ ___!____!(@)! ____}
¸.•*´¨*•.¸¸.•*´¨*•.¸¸.•*´¨*•.¸¸.•*´¨*•.¸

★  ┊ <3
┊   ★ ┊    ★ ┊
┊   ┊ ☆   ☆┊   ★┊
☆┊ ☆ <3
┊ ┊   ★ ☆
┊ <3   ☆ ┊ ★ ‎

.                I   )
                /   /
               /    \____
              /'      (___))
             /   __/ (___ ))
            /         (___))
       :D//\_____(__ )/
      /'
     ' /'\

Dan sebenarnya penggunaan seperti itu sah-sah saja, kan HP juga bukan punya kita juga ... Hehe.

Namun jika kita ingin mengoptimalkan autotext maka alangkah baiknya jika kita setting autotext untuk mendukung keperluan marketing.

Untuk bbm marketing, autotext bisa digunakan untuk beberapa keperluan sebagai berikut :

1. Untuk menyimpan jawaban yg sering ditanyakan buyer.
Jika di dalam blog/website ada Q/A (question/answer), di bbm ada autotext yang bisa digunakan untuk menyimpan jawaban yang sering ditanyakan pembeli.

Jadi ketika pembeli A dan B sama-sama tanya tentang C, maka jawaban bisa diberikan dengan mudah hanya dengan menulis beberapa karakter saja pada bbm.

2. Untuk menyimpan informasi tentang produk kita.
Kebiasaan pembeli di Indonesia itu, malas dalam membaca info yang sudah diberikan.

Mereka lebih suka menanyakan secara langsung, seperti spesifikasi dan harga produk, padahal biasanya sudah dituliskan di iklan pada blog/website.

Untuk itu, penggunaan autotext untuk menjawab pertanyaan informasi produk sangat-sangat membantu kita.

3. Untuk menyimpan informasi cara pembelian dan transfer pembayaran.
Ketika calon pembeli minat untuk memiliki produk yang kita pasarkan, langkah selanjutnya adalah proses jual beli.

Untuk memudahkan kedua belah pihak, kita sebagai penjual online dan mereka sebagai pembeli, maka ada baiknya kita mempersiapkan urutan proses pembelian.

Seperti mengirim sms pemesanan dengan format yang sudah kita tentukan, lalu memberikan info transfer pembayaran ke rekening tertentu, kemudian pengiriman barang dan pemberian resi pembelian.

Kesemuanya akan sangat mudah jika kita menyimpan format-formatnya ke dalam autotext.

4. Utk menyimpan bagian-bagian dari broadcast (BC) kita.
Dalam pengiriman broadcast biasanya ada beberapa bagiannya yang selalu ditulis sama, seperti signature.

Tidak disarankan broadcast dengan isi yang sama terus-terusan di pin yang sama, modifikasilah biar orang tidak bosan, kalau bosan bisa-bisa tidak dibaca atau malah didelete contact (delcon).

5. Utk menyimpan no rekening, alamat, no ktp, bio kita.
Alamat dan no rekening sangat-sangat sering dipakai dalam proses transaksi. Untuk itu, buatlah autotextnya, agar ketika calon pembeli bertanya, kita mudah untuk menuliskannya.

Autotext Blackberry.
Untuk mensetting autotext di BlackBerry caranya bisa sebagai berikut (saya mencontohkan urutannya dengan BB davies 9220) :

Masuk ke aplikasi bbm, kemudian saat mau chat bbm, klik logo BB » pilih 'edit autotext' » klik logo BB lagi » pilih 'new' » Replace (isi dgn karakter kunci, minimal 1 karakter) » With (isi dengan apa yang akan muncul saat karakter kunci diketik) » lalu klik logo BB dan save.

Cara menggunakan autotext ya tinggal diketik karakter kunci lalu spasi dan BLAR! ... Langsung muncul pesan panjangnya.

Autotext Android.
Untuk pengguna bbm di Android, tidak bisa menggunakan cara di atas. Kita harus menginstal lagi aplikasi 'Smart Keyboard Pro'.

Tampilan Smart Keyboard Pro di Android

Saya sudah mencoba cara penginstalan Smart Keyboard Pro yang dijelaskan disini, dan berhasil. Silakan temans klik linknya dan instal sesuai urutan yang sudah diberikan.

Jika masih bingung, silakan hubungi saya, bisa lewat komentar di bawah, atau hubungi ke contact person saya.


Harga Coret Untuk Bbm Marketing

Pernah melihat kan, sebuah harga produk yang di coret lalu di sebelah atau di atasnya diberi harga baru dengan nominal yang lebih kecil/murah.

Biasanya harga coret tersebut dapat dilihat di iklan diskon di mall, tivi, atau bahkan saat kita lagi browsing ada iklan yang seperti itu.

Fungsinya sih sebagai penarik perhatian, terutama orang-orang pemburu diskon, yang biasanya didominasi oleh kaum wanita.

Dengan harga coret akan memunculkan psikologis pada calon pembeli untuk segera membeli produk tersebut ... kapan lagi bisa ada diskon yang lumayan. Akhirnya, mereka tertarik untuk membeli dan secara otomatis menaikkan sales penjualan.

Dalam bbm marketing, kita juga bisa menggunakan harga coret untuk menarik minat calon pembeli untuk membeli atau bisa juga untuk menyuruh meneruskan suatu broadcast ke contact pin yang mereka miliki, itu kalau temans tahu caranya (branding sekaligus menaikkan omset).

Karena standar bbm tidak menyediakan fasilitas untuk membuat harga coret, maka kita perlu menginstal aplikasi baru ke BlackBerry kita.

Untuk bbm di android saya belum menemukan aplikasinya, kalau ada temans yang tahu silakan menambahkan di komentar, baik itu link tutorial dan aplikasinya, nanti akan saya backlink ke artikel ini.

Nama aplikasinya adalah 'Nux Tools'. Anda bisa mendownload dan langsung menginstalnya di Blackberry Anda. Jika nanti bingung dalam menginstal, silakan hubungi saya lewat komentar atau contact person saya.

Tampilan Harga Coret Pakai Aplikasi "Nux Tools"

Ada catatan penting disini,
Ternyata aplikasi ini hanya bisa diinstal dan berjalan dengan benar hanya di BlackBerry. Ketika kita menggunakan harga coret di broadcast/menulisnya di profil bbm, ternyata ketika kita lihat di bbm android yang muncul adalah font biasa tidak font harga coret.

Jadi sebaiknya jika ingin menggunakan harga coret pastikan filter dulu, mana yang menggunakan BlackBerry dan mana yang menggunakan android, pisahkan dengan membuat 'category'.

Category

Fitur ini fungsinya sebagai filter contact list pada bbm kita. Anda bisa membagi beberapa category untuk mempermudah dalam menggunakan bbm untuk marketing.

Misalkan jika Anda menggunakan Bbm untuk keperluan personal dan marketing, maka pisahkan antara teman pribadi dengan calon-calon pembeli.

Begitu juga dengan calon pembeli, pisahkan juga menurut kepentingannya, misal buat category cuma tanya-tanya, perlu difollow up, pembeli, pelanggan, reseller, distributor, agen. Sehingga ketika kita melakukan broadcast, maka targetnya akan tepat sasaran.

Cara membuat category untuk bbm marketing bisa sebagai berikut (saya menggunakan BlackBerry Davies 9220) :
Masuk ke aplikasi bbm, lalu klik logo Bb, pilih opsi 'New Contact Category', lalu isikan nama category, klik ok, lalu pilih contact pin mana saja yang ingin dimasukkan ke category tersebut, selesai.

Bbm Group

Bbm group sangat bermanfaat bila digunakan dengan benar. Namun jika digunakan dengan cara yang kurang tepat/tidak etis maka bisa menghancurkan brand yang akan kita bangun.

Contohnya seperti ini, pernah kah Anda tiba-tiba diinvite masuk ke sebuah group yang mana Anda tidak tahu sebelumnya tentang group tersebut dan tidak tahu juga siapa yang menginvite?

Kebiasaan orang yang pertama kali menggunakan bbm untuk marketing adalah menginvite sebanyak-banyaknya contact yang ada di bbm mereka untuk masuk ke group yang mereka buat, dengan tujuan agar mereka bisa memblast informasi jualannya di group tersebut.

Menurut saya, hal ini tidak baik untuk bisnis, apalagi menginvite tanpa menjelaskan maksud dari dibuatnya group tersebut. Kita sebagai pihak yang diinvite memang memiliki kewenangan penuh dalam menyetujui atau tidak.

Ketika kita diinvite masuk ke group bbm, tinggal pilih yes atau no, tidak seperti di dalam Facebook yang diinvite tanpa benar-benar meminta persetujuan orang yang diinvite.

Namun, disini sekali lagi, marketing itu tidak melulu tentang jual barang tok, hubungan baik itu juga perlu dijaga, dan itu dimulai dari awal menginvite orang untuk joint ke bbm group.

Cara terbaik untuk menginvite group adalah menawarkan suatu gimmick yang menarik, sehingga mereka dengan sendirinya mau atau malah maksa untuk masuk ke group bbm kita.

Misal, ketika Anda jualan krim kecantikan, coba dulu dengan broadcast seperti ini :

Dibuka kesempatan jadi reseller krim kecantikan dengan tanpa biaya pendaftraran + akan diajarkan cara marketingnya FREE, syaratnya broadcast kembali BC ini, lalu ping me untuk bergabung ke group reseller.

Konsultasi tentang cara merawat kulit muka agar tidak jerawatan, GRATIS! Dapatkan juga tips rahasia para artis dalam merawat wajah agar tampil merona. PING me, untuk info lengkapnya.

Jika menggunakan cara diatas, orang yang minat menjadi reseller atau orang yang punya masalah dengan kulit wajah akan dengan sendirinya minta diinvite.

Sedang yang kurang minat maka akan mengabaikan broadcast tersebut, ini sudah hukum alam. Jadi nantinya tidak ada yang marah-marah jika diinvite di group bbm.

Saran dari saya, mending group bbm dibuat hanya untuk mengumpulkan reseller/agen/distributor/tim marketing atau yang berkenaan dengan bisnis yang sedang dijalankan, sedang untuk calon pembeli lebih baik dikumpulkan dalam category.

Pembuatan bbm group jangan terlalu banyak, karena ini akan membuat kerja HP menjadi lambat. Baiknya sih 1-3 group bbm saja (dari pengalaman pakai BlackBerry Davies 9220).

Memang mengupload foto ke bbm group akan lebih mudah diakses para member di group, tapi lebih bijak jika dibiasakan upload foto produk di sosial media atau blog, lalu biarkan member membukanya kapan saja dengan kita memberikan link menuju ke lokasi dimana gambar sudah kita upload.

Seperti saya saat jualan kaos anak muslim Afrakids, saya memberikan link ke katalog dimana sudah saya upload semua model kaosnya disini.

Kesimpulan

Ada banyak fitur Bbm yang bisa diaplikasikan untuk bisnis online Anda, beberapa diantaranya sudah saya tuliskan diatas.

Manfaatkan semua fitur Bbm untuk bisnis online Anda dengan cara mengoptimalkan seperti yang sudah disebutkan diatas.

Dalam memanfaatkan fitur Bbm, Anda harus bijak agar tidak jadi boomerang karena kesalahan dalam mengoptimalkan fitur Bbm.

Jika ada fitur Bbm lain yang bisa dioptimalkan untuk bisnis online yang Anda tahu, silakan rekomendasikan di komen di bawah ini.

Jangan lupa subscribe dan share ya ... :)

Terima kasih.

No comments:

Post a Comment